A
L
A
N
KHOZANI - SIBOY
EXOTIZONE

Kesenian Dan Kebudayaan Arab Saudi




Saudi Arabia sangat terkenal di kawasan Jazirah Arab dengan ilmu pengetahuan budaya, syair dan sastra. Teringat bagi kita akan nama-nama beken yang terkait dengan syair dan sastra dari kurun waktu sejarah yang berbeda-beda dalam hal sastra arab yang pernah tumbuh dan berkembang di wilayah Hijaz dan Najd, daerah-daerah yang telah melahirkan banyak penyair arab yang menjadi inspirasi bagi umat.

            Kebudayaan Saudi Arabia terbentuk dan dipengaruhi dari dua sumber yang kaya akan inspirasi: yakni nilai-nilai keislaman yang terpersonifikasi melalui Al-Qur'an dan As-Sunnah serta prilaku para Salafus-Shalih, dan Bahasa Arab yang kata-kata dan susunan kalimatnya terbentuk di wilayah Jazirah Arabia ini. Dari kedua referensi inilah, budaya, pemikiran dan sastra berkembang di Saudi Arabia, yang putera-puteranya merasa bangga karena mereka menjadi pewaris para pujangga besar yang dilahirkan di bumi ini. Mereka memahami betul akan tanggung jawab dan peran yang mesti mereka mainkan di alam modern saat ini. Sebagaimana tertera dalam Anggaran Dasar Pemerintahan, Negara berkewajiban memelihara kebudayaan, pemikiran dan sastra. Karena itulah, perkembangan budaya dan seni di Saudi Arabia berkembang sangat dinamis sejak beberapa dasawarsa yang lalu, hal itu terbukti dengan banyaknya karya sastra, buku, perpustakaan dan forum-forum budaya. Di antaranya terdapat 15 gedung sanggar budaya yang tersebar di kota-kota Saudi Arabia yang cukup berperan dalam pembentukan generasi sastrawan dan ilmuwan di Saudi, dan menghubungkan antara sastra dan budaya yang ada dalam negeri dengan aliran umum budaya arab. Ditambah lagi adanya beberapa aktivitas budaya yang dilakukan oleh berbagai perguruan tinggi dan forum-forum sastra dan budaya yang bersifat khusus.
Dalam hal kesenian dan warisan tradisional, Saudi Arabia memiliki  berbagai koleksi seni tradisional yang menunjukkan adanya keragaman budaya di Saudi Arabia, seperti lagu-lagu yang bercorak kelautan dan lagu-lagu yang bernuansa padang pasir dan pedesaan, sampai adanya bermacam kesenian panggung dan tarian tradisional. Pada sisi lain, di Saudi Arabia terdapat beberapa oraganisasi kebudayaan dan kesenian yang tersebar di berbagai kota. Oraganisasi-organisasi ini mampu melestarikan bakat-bakat seni panggung, lagu-lagu, musik dan seni lukis. Hal yang menjajadi bagian penting dalam fenomena kehidupan modern di Kerajaan Saudi Arabia adalah banyaknya pameran-pameran seni, museum-museum pemerintah dan swasta, pekan-pekan kesenian terutama yang dilaksanakan pada event-even tertentu seperti hari raya dan musim-musim kunjungan wisata, salah satu pekan budaya yang cukup tekenal baik di dalam maupun luar negeri adalah Pekan Nasional Budaya dan Tradisi yang diadakan setiap tahun di Al-Janadiriyah Riyadh. Pekan Janadiriyah ini mampu membangun kesinambungan antara generasi warga Saudi masa kini dengan warisan kebudayaan masa sebelumnya.

0 Responses to “Kesenian Dan Kebudayaan Arab Saudi”:

Leave a comment

---------- "Baca Juga -- ANEKA MACAM TIPS"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
X-Steel - Wait